Sabtu, 10 April 2010

Hanbok, Korean traditional clothing


truelovetruelove.multiply.com/jo...th_Korea

yeinjee.com/2009/seollal-korean-...ew-year
 Tentunya untuk para penggemar Korean sudah tidak asing lagi melihat pakaian tradisional Korea yang disebut Hanbok. Kalau dipikir-pikir pakaian perempuan jaman dulu mulai dari mode pakaian Muslim, Eropa dan Asia selalu berukuran panjang menutupi badan. Seperti halnya Korea pakaian tradisionalnya serba panjang. Untuk yang muslim tinggal  menambahkan jilbab jadilah baju muslim hehe...siapa tahu ada yang terinspirasi membuat model baju muslim ala Korea.
Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti "pakaian orang Korea", hanbok pada saat ini mengacu pada "pakaian gaya Dinasti Joseon" yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional. Pakaian bagian atas disebut jeogori adalah seperti blus lengan panjang, membentang sampai ke pinggang. Untuk bawahan Wanita memakai rok ( chima ) sedangkan laki-laki memakai celana baggy ( paji ).
Kalangan atas memakai hanbok dari kain rami yang ditenun atau bahan kain berkualitas tinggi, seperti bahan yang berwarna cerah pada musim panas dan bahan kain sutra pada musim dingin. Mereka menggunakan warna yang bervariasi dan terang. Rakyat biasa tidak dapat menggunakan bahan berkualitas bagus karena tidak sanggup membelinya.
 Hanbok modern untuk anak-anak terbagi atas 2 atau 3 bagian dan bisa dipakai dengan mudah. Hanbok anak-anak dipakai biasanya satu atau dua kali setahun dalam perayaan Chuseok atau tahun baru imlek(seollal) dan pada ulangtahun pertamanya anak-anak memakai hanbok pertama mereka.


Tidak ada komentar: