Minggu, 14 November 2010

Transportasi umum di Korea









Transportasi umum yang sering saya lihat di korean drama diantaranya penerbangan udara lewat Bandara Incheon,  bis, taxi,  kereta api , kapal ferry, apa lagi ya sepertinya ojeg tidak ada di Korea.
Bandar udara Incheon dinobatkan sebagai bandar udara terbaik di dunia oleh Airport Council International. sampai 4 tahun berturut-turut.
Keren ya.....
Dan kehadiran  bis juga paling sering menjadi bagian dari korean drama. Sehingga terasa cukup familiar dengan bis- bis Korea . wah wah...sampai segitunya hehe...kebetulan rumah saya dekat dengan dealer Hyundai bis and truck.

Sebagian besar orang Korea rupanya sangat mendukung program pemerintahnya untuk menggunakan transportasi umum. jadi menggunakan bis dan subway  cukup populer disana.
Dan  Indonesia juga sedang mencoba mengarahkan masyarakatnya untuk menggunakan transportasi umum, meski tidak mudah membangun kesadaran masyarakat karena layanan fasilitas juga masih ketinggalan jauh kali ya... untuk seperti di Korea. Yaa...perlu kesabaran dan perjuangan memang .



 

Pembayaran untuk naik bis dan subway menggunakan Kartu Transportasi serbaguna yang sangat praktis digunakan karena tidak perlu membawa uang pas.
Kartu Transportasi menyimpan uang yang anda isikan atau isi ulang.
Jika anda membayar tunai supaya dipersiapkan uang pecahan kecil, uang pecahan besar tidak dianjurkan  untuk digunakan membayar ongkos bis. Para supir tidak menerima uang langsung karena di dalam bis  telah disediakan mesin penerima uang. Tidak ada kondektur . Jadi kalau menggunakan uang tunai pecahan besar tidak akan ada yang memberi kembalian. dan supir tidak bertanggungjawab untuk hal ini. yaa... melayang ...deh my money.
Hampir di seluruh Korea sudah dilalui kendaraan umum baik itu bis, kereta  sangat mudah untuk mendapatkannya serta aman dan nyaman tentunya.

Seluruh bis dikelompokkan dalam 4 warna : Biru, Hijau, Merah dan Kuning.
bis Biru      : melayani jalan-jalan utama jarak jauh
bis Hijau    : melayani  rute-rute antara stasiun bawah tanah dan daerah-daerah pemukiman terdekat
bis Merah  : melayani rute-rute antara pusat kota dengan kota pusat bisnis utama lainnya
bis Kuning : melayani jalan-jalan lingkar di pusat kota atau pusat-pusat bisnis kecil

Taxi pun banyak digunakan meski harus bayar mahal terutama untuk menghemat waktu.
Dan untuk keluar masuk Korea selain penerbangan udara ada juga pelayanan dengan menggunakan kapal ferry  yang menghubungkan Korea dengan negeri -negeri lainnya seperti Jepang dan China.

1 komentar: