Selasa, 02 Maret 2010

Show Korean spirit in World Cup 2010

   
http://knappster.com/fabric.html 
2002 Seoul World Cup Opening Ceremony Stadium


Menjelang Piala Dunia 2010 di South Africa, saya jadi tertarik mengulas sedikit ke belakang saat Korea menjadi tuan rumah  Piala Dunia 2002 bersama Jepang.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih lagi pada Daniell Kim yang telah memberikan waktu luangnya bersedia membantu saya mencarikan informasi yang saya perlukan.
Pada Piala dunia 2002, FIFA untuk pertama kalinya  menyelenggarakan  di luar Benua Amerika dan Eropa . Dan pertama kali juga final  Piala Dunia dilangsungkan di 2 negara yaitu Jepang dan Korea.
Saat itu Tim Korea bermain sangat baik dipimpin oleh pelatih Belanda Guus Hiddink dan asisten pelatih Pim Verbeek, Korea Selatan mengalahkan Portugal dan juga tim kuat dari Eropa yaitu Italia dan Spanyol, menjadi satu-satunya tim Asia yang mencapai semi final.  Setiap orang di korea saat itu  "really had gone crazy " katanya. Semua jalanan dipenuhi para pendukung yang sangat antusias dengan  mengenakan kaos merah . Para fans nya dijuluki " Red Evil " juga membuat kesan yang besar pada pemirsa di seluruh dunia. Sepak bola tiba-tiba memiliki ledakan popularitas di negeri ini, dimana sebelumnya permainan Baseball lebih diminati.
Tim Korea adalah satu-satunya tim Asia yang memiliki kualifikasi Piala Dunia selama tujuh kali berturut-turut dan terbaik saat ini, memegang rekor Piala Dunia FIFA di Asia, satu-satunya tim tak terkalahkan selama Kualifikasi AFC untuk Piala Dunia 2010,  
Ada beberapa pemain bola Korea yang cukup banyak dikenal orang diantaranya yang saya tahu : 
           


1. Ahn Jung-Hwan  ( lahir pada 27 januari 1976 di Paju, Gyeonggi )
   Pertama kali saya mengenal Tim sepak bola Korea, orang inilah yang selalu saya tunggu kemunculannya     mengapa....? sepertinya jawabannya mudah ditebak ya....apalagi kalau bukan karena dia punya wajah cukup keren hehehe....Tapi disamping itu  Ahn merupakan penyerang andalan.  Menjadi terkenal di seluruh dunia saat mencetak gol bagi timnas sepak bola Korea Selatan saat mengalahkan Italia pada babak kedua Piala Dunia 2002 dan membawa Korea Selatan ke babak perempat final.setelah itu sempat menghilang dari timnas Korea 
tapi kabarnya untuk menghadapi Piala Dunia mendatang di South Africa dia ditawari kembali untuk memperkuat tim. 
2 . Park Ji-sung   ( lahir di Seoul, Korea Selatan, 25 februari 1981 )
 Pria bertinggi badan 176 cm dan bermain sebagai gelandang sayap di Manchester United. Ia menjadi terkenal setelah mencetak gol pada pertandingan saat tim nasional Korea Selatan mengalahkan Portugal di Piala Dunia 2002. Saya jadi teringat  dia pernah tampil di iklan TV pada saat MU akan bertanding di Jakarta. Dia dan temannya diajari seorang guru perempuan pelajaran anak kls 1 sd yang baru belajar membaca " ini budi "
hihi...lucu ya, tapi sayang kunjungannya dibatalkan karena Jakarta diguncang bom di hotel JW Marriot.
3. Lee Min-hoo  ( lahir pada 22 June 1987, Seoul, Korea )  Lho... kenapa ikut dibahas ya...?
Meskipun bukan bagian dari tim nasional Korea, kelihaian Min-hoo dalam memainkan bola tidak diragukan lagi. Di serial " Boys Before Flowers " dia sudah memperlihatkan kemampuannya.
Bagaimana ya seandainya Min-hoo  masuk tim Korea...? 
Baiklah Korea... bersemangat dan berjuanglah di World Cup 2010, South Africa. We wait you!

Tidak ada komentar: